Selasa, 14 Januari 2014

Resensi Buku

Judul Buku     : Pendidikan Lingkungan    Kehidupan Jakarta
Pengarang     : Ni Ketut Seni Arianti
Desainer Saampul : Teja Sukmana Rais
Penerbit         : Widya Utama
Pencetak        : PT Dian Rakyat, Jakarta
Cetakan          : I, tahun 2009
Tebal Buku     : viii+136 halaman
ISBN                : 978-979-728-795-5
Harga Buku    : Rp 28.900

            Buku ini ditulis oleh Ni Ketut Seni Arianti. Beliau adalah Ketua MGMP PLKJ Jakarta Timur dan Guru mata pelajaran PLKJ di SMPN 49 Jakarta Timur. Ia telah lulus dari SMKI Denpasar tahun 1984 dan telah lulus dari IMNI jurusan Managemen Pendidikan pada tahun 2009. Ia mendapat gelar S.Pd dalam bidang administrasi pendidikan setelah lulus dari IKIP pada tahun 1998.
Buku ini disusun berdasarkan Kurikulum pendidikan muatan lokal terbaru DKI Jakarta untuk SMP. Melalui buku ini siswa dapat mempelajari sejarah perkembangan kota Jakarta, lingkungan alam, lingkungan sosial budaya, serta pola perilaku masyarakat Jakarta dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam buku ini dipaparkan berbagai masalah yang timbul di kota Jakarta dan cara menanggulanginya. Serta aktivitas-aktivitas yang dimuat dalam buku ini membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Serta menumbuhkan budi pekerti dan kepedulian lingkungan alam serta sosial budaya di Jakarta, kesadaran dalam hidup bermasyarakat di kota besar, serta untuk memperluas pengetahuan tentang lingkungan Jakarta.
          Ciri khas dari buku ini terdapat berbagai aktivitas dalam bentuk diskusi, jelajah internet, studi lapangan, analisis, dan observasi. Setiap bab juga memuat rangkuman serta foto, grafik, dan tabel yang bertujuan agar siswa dapat mempelajari kembali materi yang sudah dibahas dan lebih mudah memahami konsep pelajaran. Soal-soal dalam setiap bab dan akhir semester juga disajikan untuk menguji daya ingat dan pengetahuan siswa.
          Di dalam  buku ini terdapat “jendela ilmu” dan “tahukah kamu” yang dapat memperkaya pengetahuan siswa mengenai lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya Jakarta.  Di bagian belakang buku ini juga terdapat glosarium dan indeks yang berisi istilah-istilah bahasa yang sering muncul. Dan juga terdapat daftar rujukan dan daftar pustaka.
Pada bab pertama, dijelaskan tentang Penanggulangan Bencana Banjir (hal 1-12). Bab ini memaparkan penyebab terjadinya banjir, daerah rawan banjir, akibat banjir, serta pencegahan dan penanggulangan bahaya banjir.
Pada bab kedua, menjelaskan tentang Penanggulangan Bahaya Kebakaran (hal 15 – 28). Yang berisi tentang penyebab terjadinya kebakaran, akibat yang ditimbulkan dari kebakaran, serta pencegahan dan penanggulangan bahaya kebaran.
Bab ketiga menjelaskan tentang Larangan Merokok dan Penyalahgunaan Zat Berbahaya (halaman 31-50). Pada bab ini dijelaskan mengenai rokok dan zat berbahaya, seperti narkoba dan zat adiktif lainnya.
Bab keempat berisi tentang Keselamatan dan Keamanan Diri  (halaman 53-62). Pada bab ini, membahas mengenai mengenal keselamatan dan keamanan diri, tindak pidana terhadap perilaku pelajar yang menyimpang, serta menjaga keselamatan dan keamanan mental spiritual.
Pada halaman 65-67 terdapat soal-soal latihan akhir semester 1 yang merupakan gabungan dari soal-soal materi yang ada pada bab 1 sampai dengan bab 4. Dan juga terdapat ulangan umum semester 1 yang diberikan penulis agar siswa dapat mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester 1.
Selanjutnya, pada bab kelima menjelaskan tentang Kependudukan di DKI Jakarta (hal 71 – 84). Bab ini memaparkan meningkatnya penduduk di DKI Jakarta, Urbanisasi ditinjau dari pengertian, dampak, dan cara mencegahnya, serta pentingnya administrasi kependudukan.
Pada bab keenam menjelaskan tentang Tata Ruang Kota. Pada bab ini dijelaskan mengenai rencana umum tata ruang kota DKI Jakarta, keterangan rencana tata letak bangunan, pengawasan pembangunan kota, serta izin penggunaan bangunan (IPB).  
Bab ketujuh berisi tentang Rumah Susun di DKI Jakarta (halaman 107-122). Pada bab ini, penulis membahas materi tentang mengenal rumah susun, pentingnya rumah susun di DKI Jakarta, tujuan pembangunan rumah susun, ciri khas kelengkapan rumah susun, pengertian pemilik dan penghuni rumah susun,  tugas pokok pengelola, penghimpun, dan penghuni rumah susun, mewujudkan keamanan, kebersihan, dan keakraban dirumah susun, serta menjaga ketertiban dan keindahan di rumah susun
Pada setiap bab, diakhiri dengan soal-soal Evaluasi Akhir untuk menguji kompetensi siswa tentang materi yang telah dipelajari.
          Pada bagian akhir terdapat soal Evaluasi Akhir Semester 2 (halaman 126) dan Ulangan Umum Semester 2 (halaman 128) yang dapat membantu siswa memahami materi lebih lanjut dan mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester 2.
          Secara menyeluruh, buku ini menjelaskan poin-poin penting dalam kehidupan di kota Jakarta. Terlebih memberikan contoh peraturan atau Undang-Undang yang benar dan lengkap. Penggunaan bahasanya juga mudah dimengerti.

          Tujuan akhir dari buku ini adalah membentuk kebiasaan hidup siswa yang sehat dan teratur serta menghargai seni dan budaya Jakarta. Penulis berharap banyak buku ini berguna sebagai panduan siswa dalam mempelajari lingkungan kehidupan Jakarta. Untuk mendapatkan pemahaman mengenai keseluruhan isi buku ini, bacalah buku tersebut secara utuh.

0 komentar:

Posting Komentar